PENTINGNYA MEMBANGUN BRAND DALAM BISNIS BAIK OFFLINE MAUPUN ONLINE |
PELITA MEDIA - Pentingnya membangun Brand dalam bisnis online maupun offline, Kenapa sih kita harus membangun Brand atau merek dalam sebuah bisnis?, karena dengan Brand/merek ini lah usaha kita atau bisnis kita akan dikenal orang, apalagi kalo Costumer atau para pelanggan kita sudah cocok dengan barang atau tempat belanjanya, maka mereka akan mencari dimanapun dan kapan pun, nah itulah yang diharapkan oleh para pebisnis, atau pengusaha. Istilah kata, berakit rakit kehulu berenang ketepian, membangun dahulu,, kebanjiran order kemudian, heee,,
Membangun Brand Produk atau Toko?
Kalo ada yang nanya, yang kita bangun itu brand produk atau brand toko? Maka jawabannya adalah semuanya bisa,, iya,, kita ambil contoh brand produk makanan ringan kacang garing,, maka orang akan kenal dengan Kacang Garuda, dua kelinci,, ini adalah brand produk, membesarkan brand produknya dengan berbagai macam promosi, dari mulai direct sales, iklan televisi, banner, spanduk, promo online, Sosial media, maupun promo diskon dan lain sebagainya, tapi tujuan utamanya adalah mengenalkan produk, sehingga produk ini selalu dicari orang, karena brand nya sudah dikenal,,
Lalu bagaimana membuat Brand Toko, baik itu toko konvensional maupun toko onlie, nah ini sangat penting,, terkadang banyak usaha online yang hanya numpang di sosial media tapi tidak memiliki brand, asal jual aja, gak punya toko sendiri, gak punya brand sendiri, tidak mengarahkan konsumen nyaman di brand toko kita, asal barang laku dapet untung selesai, besok iklan lagi cari pembeli baru, kalo gak ngiklan ga ada yang beli, kenapa? Karena orang beli itu karena bahasa iklan, abis itu lupa saya beli dimana? Akhirnya begitu butuh produk yang sama dia belanja ditempat lain.
Beda halnya ketika kita membangun brand toko kita, contoh gampangnya kita bisa liat AlfaMart dan IndoMart, kenapa orang kalo butuh apa-apa maonya kesitu, karena orang udah tau kalo disitu apa aja ada, dan orang udah tau kalo itu adalah tempat retail berbagai macam produk, walaupun awalnya tidak semua orang tau, dan belum tentu belanja kita pertama kali melihat, tapi suatu saat mereka bisa mampir ketika membutuhkan sesauatu, itulah Brand,
Cara Membangun Brand
Membangaun Brand Produk
Dalam membangun produk atau barang produksi atau barang hasil pertanian tentu saja hal yang paling utama adalah memahami tentang produk tersebut, dari mulai bahan baku/komposisi, cara membuatnya, cara packingnya, sampai dengan ijin kesehatan dan lain-lain, dan yang terpenting lagi adalah riset produk yang akan kita produksi tersebut sudah sesuai belum dengan wilayah yang akan menjadi target market, baik itu produk makanan, cosmetik, fashion, sampai produk dijital, survai taget ini juga penting, karena pada dasarnya adalah produk yang kita produksi adalah produk yang bisa menjawab akan kebutuhan manusia yang ada di wilayah target maket. Sehinnga mereka akan merasa terpenuhi kebutuhannya dengan produk kita, dan mereka akan selalu mencari produk yang kita produksi.
Dalam membangaun Brand Toko/Distributor/Market tentu yang harus kita bangun adalah merupakan fasilitas atau sarana orang untuk mudah mendapatkan apa yang mereka butuhkan di wilayah target usaha atau lokasi bisnis yang akan kita jalankan, katakanlah kita mao bangun usaha jualan online, maka ketika kita akan membangun Brand toko online, kita tentukan dulu target market kita, apa saja yang yang jadi pertimabngan target market?
Wilayah atau lokasi target.
Ketika kita akan menjual produk fashion misalnya, dan akan menjangkau wilayah Indonesia, kiat bisa pertimbangkan mengenai mayoritas budaya, suku, agama, dan lainnya, sehingga produk yang kita jual benar-benar dibutuhkan, katakanlah kalo di indonesia mayoritas muslim, maka jual produk muslimah, dari mulai fashion, cosmetik halal dan lain sebagainya, itu juga akan jadi ide yang cukup bagus, namun tentu saja harus mempunyai kelebihan tersendiri agar bisa bersaing dengan kompetitor.
Target Usia
Target usia juga penting, kita mau merambah ke target mana nich, anak muda, ibu rumah tangga, atau usia lansia, atau bahkan kebutuhan bayi, maka ini juga akan bisa menjadi brand.
Ketika orang dengan usia tertentu dengan kebutuhannya, dan mereka sudah cocok dengan toko kita, mereka gak akan kemana-mana kalo butuh produk yang diinginkan.
Tips Pemasaran
Ketika kita sudah bisa memproduksi produk yang berkualitas, tentu pemasaran akan menjadi sangat penting, karena pemasaran adalah merupakan ujung tombak dalam sebuah bisnis, ada beberapa tips pemasaran produk baik offline maupun online, sebetuklnya untuk jaman sekarang ini sudah menjadi kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena peranan online ini akan menjadi bagian dari pemasaran offline.
Pemasaran Offline
- Ada bebrapa cara pemasaran offline.
- Direct salling
- Pemsaran langsung
- Rekrut Distributor
- Rekrut agen
- Bisa juga sistem referal atau reseller
Pemasaran Online tentu saja sekarang sudah banyak sekali variasinya. Diantaranya:
- Membuat Website
- Bisa juga menggunakan Market place untuk promosikan Brand produk.
- Optimasi SEO
- Membuat blog dengan konten yang berhubungan dengan produk yang kita miliki, sehingga nanti dari artikel tersebut kita bisa mengarahkan pembaca untuk membeli produk kita.
- Menggunakan Promo berbayar di Google Adword
- Poromosi di sosial Media, seperti facebook, Instagram, Dan lain-lain
- Atau kalo yang ingin berbayar bisa menggunakan facbook ads.
- Dan masih banyak lagi trik promosi online.
Toko online sudah menjadi trand saat ini, namun banyak yang menjual online hanya menjual saja tapi tidak memiliki brand toko yang jelas, asal dapet pembeli ya sudah, besok iklan lagi atau share lagi, kalo ada yang minat beli, abis itu ngiklan lagi, nah maslahnya kalo kebijakan atau algoritma dari sosial media itu ada perubahan, maka cara share kita juga akan dibatasi, biaya iklan juga makin mahal.
Sementara kita jualan hanya tergantung pada sosmed atau market place, sementara dimarket place juga sudah banyak penjual dengan produk yang sama, dan akhirnya perang harga, bahkan banyak yang jual harga rugi. Oleh karnanya penting sekali untuk membangun brand toko online.
Sementara kita jualan hanya tergantung pada sosmed atau market place, sementara dimarket place juga sudah banyak penjual dengan produk yang sama, dan akhirnya perang harga, bahkan banyak yang jual harga rugi. Oleh karnanya penting sekali untuk membangun brand toko online.
Cara membangun toko online sudah saya saya bahas diatas. Untuk promosinya kita bisa menggunakan beberapa fasilitas yang sudah banyak tersedia di dunia online.
Untuk brand toko online kita bisa memanfaatkan sebagai berikut:
Untuk yang gratis:
- Manfaatkan SEO
- Manfaatkan Sosial media
- Manfaatkan Jaringan reseller di sosmed, misal dengan diskon khusus untuk reseller
- Membuat blog dengan konten yang berhubungan dengan toko online yang kita miliki, sehingga nanti dari artikel tersebut kita bisa mengarahkan pembaca untuk mengunjungi toko online kita.
Untuk yang berbayar:
- Bisa menggunakan Google Adword
- Facebook Ads, ini yang sedang trend sekarang, karena cara menggunakannya kita bisa benar-benar tertarget.
- Atau bisa juga menggunakan layanan paid trafik lainnya.
- Demikanlah artikel tentang bagaiman pentingnya membangun Brand dalam berbisnis atau berwirausaha. Baik online maupun offline.
Akhir kata, Terimakasih atas segala Perhatian, Mohon maaf atas segala kekurangan,,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Penulis,
Blog: kangmukhtaraldamar
Artikel ini juga tayang di blog kang Mukhtar
Yang ingin bertanya, silahkan tulis pertanyaan dikolom komentar ya..
dan yang ingin dwonload dalam bentuk PDF silahkan klik Disni